Formula / Google Sheet · September 25, 2022 0

Menggabungkan Text Perbaris Dengan ARRAYFORMULA

Pada kesempatan kali ini, kembali saya ingin membahas penggunaan ARRAYFORMULA untuk menggabungkan Text (Concatenate).

Pembahasan ini, sudah banyak ditanyakan pada beberapa group-group spreadsheet tentang bagaimana cara menggabungkan text perbaris dengan banyak kolom dengan sekali rumus saja mengunakan ARRAYFORMULA.

Sepertinya yang kita tahu, rumus menggabungkan Text bisa menggunakan rumus CONCAT, CONCATENATE, JOIN atau Bahkan TEXTJOIN namun rumus-rumus ini tidak bisa menggabungkan perbaris malah akan menggabungkan semua Range menjadi Nilai Cell saja.

Penambahan rumus ARRAYFORMULA pada rumus diatas tentu tidak akan berjalan dengan baik.

Disini saya akan buat dua contoh rumus ARRAYFORMULA untuk menggabungkan text perbaris baik untuk banyak kolom ataupun jumlah kolom yang sedikit.

Mengabungkan Text Dengan Sedikit Kolom

Untuk cara pertama ini bisa digunakan jika kolom yang akan digabungkan berjumlah sedikit. Sehingga bisa menggunakan rumus yang sederhana. Karena rumus ini relatif lebih mudah dan lebih simple.

Cara pertama adalah dengan menggunakan operator penyambung text yaitu simbol &. Operator ini, bisa digunakan berbarengan dengan ARRAYFORMULA dan menciptakan penggabungan text perbaris.

rumus dasar penggabungan ARRAY.

=A1:A&B2:B&C2:C

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada contoh dibawa ini.

Jika jumlah kolom yang akan digabungkan sangat banyak, tentu cara ini tidak lagi simple karena harus memasukan banyak kolom dalam rumus. Sebagai solusinya bisa gunakan cara kedua dibawah ini untuk memudahkan dalam pembuatan rumus.

Menggabungkan Text Dengan ARRAYFORMULA Untuk Banyak Kolom

Jika kolom data yang akan digabungkan ada banyak kolom, bisa gunakan cara dibawah ini agar penggabungan bisa dibuat secara otomatis dengan ARRAYFORMULA.

Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan rumus QUERY yang digabungkan dengan TRANSPOSE. Untuk contoh penggunaannya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

=TRANSPOSE(QUERY(TRANSPOSE(A2:E),,COLUMNS(A1:E1)))

Hasil penggabungan dengan rumus diatas secara otomatis digabungkan dengan tambahan spasi. Jika karekter penyambung ini ingin diubah, bisa ditambahkan rumus SUBSTITUTE dengan ARRAYFORMULA kemudian isi dengan karekter penggantinya, termasuk jika ingin menghapus spasi.

=ARRAYFORMULA(SUBSTITUTE(TRANSPOSE(QUERY(TRANSPOSE(FILTER(A2:E,A2:A<>"")),,COLUMNS(A1:E1)))," ","-"))

Karakter “-” pada rumus SUBSTITUTE bisa diganti dengan karakter apapun termasuk jika ingin menghapus. Untuk menghapus bisa gunakan “” tanpa spasi di tengahnya.

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menggabungkan text perbaris dengan banyak kolom secara otomatis menggunakan ARRAYFORMULA.

Jika tutorial ini dirasa masih sulit untuk dimengerti, bisa juga tonton tutorial pembahasa artikel ini melalui video youtube di channel : Andi Setiadi