Formula / Google Sheet · July 30, 2022 0

Menggunakan ARRAYFORMULA untuk Operator Logika AND dan OR

Operator logika AND dan OR termasuk kedalam rumus yang sering digunakan di lingkungan Spreadsheet baik di Excel ataupun di Google Sheets.

AND dan OR berfungsi sebagai penggabung test logika atau untuk menggabungkan 2 logika atau lebih (Gerbang Logika). Contoh sederhana misalnya, diskon diberikan untuk kota Jakarta atau Bandung, maka notasi rumusnya adalah :

=IF(OR(Cell="Jakarta",Cell="Bandung"),TRUE,FALSE)

Begitu Juga dengan AND =IF(AND(Cell="Jakarta",Cell="Bandung"),TRUE,FALSE). Jika ada lebih dari 2 Logikal test, maka notasinya adalah AND(Logika1,Logika2,Logika3……dst).

Operator AND dan OR sampai tulisan ini dipublish, belum support dengan ARRAYFORMULA. Sehingga jika ada kasus yang melibatkan fungsi AND dan OR kemudian ditambahkan rumus ARRAYFORMULA didalamnya, hasilnya akan menghasilkan 1 Nilai saja.

Untuk contoh hasil bisa dilihat dibawah ini.

EQ adalah rumus pengganti = , untuk lebih jelasnya silahkan baca di artikel : Rumus Perbandingan EQ, LT, GT, GTE, LTE dan NE

Bagaimana Cara Penggunaan AND dan OR ini dalam ARRAYFORMULA ?

Untuk menggunakan AND dan OR dalam rumus ARRAYFORMULA, karena belum support kita bisa menggantinya dengan Operator Matematika sebagai pengganti Operator Logika.

Persamaannya bisa dilihat di table dibawah ini.

Operator LogikaOperator Matematika
AND* (Asterik | Perkalian )
OR+ (Plus | Penjumlahan)

Untuk penggunan operator matematika ini tidak seperti rumus AND dan OR yang berada di Awal tetapi digunakan ditengah tengah logika.

Contoh OR :

(Logika1)+(Logika2)+(Logika3)......

Contoh AND :

(Logika1)*(Logika2)*(Logika3)......

Sehingga untuk kasus diatas, bisa ditulis dengan notasi rumus seperti dibawah ini

Sedangkan jika mengunakan AND tinggal ubah tanda + menjadi *.

Itulah cara menggunakan rumus operator logika AND dan OR dalam ARRAYFORMULA, semoga sedikit informasi ini bisa sedikit membantu dalam menggunakan rumus spreadsheet.

Jika ada pertanyaan silahkan tulis dikomentar.