Formula / Google Sheet · April 3, 2022 1

Mencari Nilai Terbesar MAX Dalam Satu Baris Dengan ARRAYFORMULA

Mancari nilai terbesar dalam spreadsheet bisa dilakukan dengan bantuan rumus MAX. Namun bagaimana jika rumus MAX ini digabungkan dengan ARRAYFORMULA agar rumusnya cukup ditulis sekali saja data seterusnya akan otomatis.

Jika langsung menambahkan arrayformula pada rumus MAX, maka yang terjadi adalah rumus tersebut menghasilkan rumus MAX secara keseluruhan bukan perbaris.

Bagimana jika yang kita inginkan adalah mencari nilai terbesar (MAX) dalam satu baris atau perbaris tapi dengan rumus ARRAYFORMULA?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, disini saya membaginya berdasarkan jumlah kolom yang akan dicari nilai tertingginya.

Mencari Nilai Max dengan IF (2 kolom)

Jika yang dicari hanya 2 kolom Data saja, maka untuk kasus seperti ini cukup gunakan IF saja agar rumus tidak terlalu panjang dengan bantuan rumus GTE atau Greater Then Equal.

Jika kamu belum mengetahui Rumus GTE, penjelasannya bisa di baca di Artikel : Rumus Perbandingan EQ LT LTE GT GTE dan NE di Google Sheet

Untuk contoh pengunaan bisa dilihat digambar dibawah ini.

=ARRAYFORMULA(IF(GTE(B2:B9,C2:C9),B2:B9,C2:C9))

Rumus diatas hanya membandingkan kolom 1 dengan kolom 2, jika kolom 1 lebih besar dari kolom 2, maka yang ditampilkan adalah kolom 1 dan sebaliknya.

Mencari Nilai Max dengan IFS

Cara kedua ini jika data yang akan dicari nilai max nya ada lebih dari 2 kolom tapi tidak terlalu banyak. Untuk kasus seperti ini masih bisa menggunakan rumus IFS atau IF bertingat.

Contoh penulisan rumusnya seperti dibawah ini:

=ARRAYFORMULA(IFS(GTE(B2:B9,C2:C9),B2:B9,GTE(C2:C9,D2:D9),C2:C9,1,D2:D9))

Rumus kedua ini kurang lebih sama seperti sebelumnya, yaitu membandingkan per kolom, jika kolom pertama lebih besar dari kolom kedua, maka kolom pertama yang ditampilkan.

MAx per Baris 3

Mencari Nilai Max Dengan Banyak Kolom

Cara ketiga ini jika nilai yang dicari Nilai MAX nya ada banyak kolom, tentunya dengan banyak kolom tidak mungkin dibuat dengan IF karena rumus akan sangat panjang dan tidak dinamis.

Untuk jumlah kolom yang banyak, bisa menggunakan rumus QUERY untuk mencari nilai tertinggi perbaris.

=ARRAYFORMULA(QUERY(TRANSPOSE(QUERY(TRANSPOSE(B2:I9),"Select " & TEXTJOIN(",",1,"Max(Col"& SEQUENCE(COUNT(B2:B9))&")"))),"Select Col2"))
Max Per Baris Banyak Kolom

Itulah bebarapa rumus yang digunakan untuk mencari Nilai MAX dengan ARRAYFORMULA.

Update New Formula BYROW

Saat ini sudah ada rumus baru yaitu BYROW agar permasalahan mencari nilai tertinggi dalam 1 barus menjadi lebih mudah, BYROW ini adalah rumus dinamic array sehingga tidak diperlukan lagi menambah ARRAYFORMULA tapi diperlukan sebuah lambda.

Untuk rumusnya bisa dibuat seperti dibawah ini

=BYROW(B2:I9,LAMBDA(x,max(x)))