Formula / Google Sheet · December 9, 2022 1

Mewarnai Nilai Terkecil dan Terbesar Dalam Satu Baris di Google Sheets

Mewarnai cells secara otomatis bisa dilakukan di google sheets dengan adanya feature Conditional Formating. Salah satunya yang akan saya bahas kali ini yaitu bagaimana cara mewarnai otomatis dalam satu baris nilai Minimum dan Nilai Maximum yang ada pada baris tersebut.

Sebelum saya mulai, saya sudah menyiapkan data seperti dibawah ini.

Seperti yang terlihat pada data diatas, saya ingin mewarnai nilai terkecil dan nilai terbesar dalam satu baris nama.

Sepintas, rumus yang bisa digunakan untuk kasus diatas adalah dengan menggunakan Conditional Formating dengan menggunakan rumus MAX atau MIN, tapi jika langsung dibuat seperti dibawah ini, maka yang diwarnai bukanlah perbaris melainkan nilai terbesar atau terkecil dalam satu Range data tersebut.

=OR(MAX($B$2:$K$7)=B2,MIN($B$2:$K$7)=B2)

Nilai 1 dan 9 diberi warna secara otomatis karena 1 dan 9 adalah nilai terbesar dan terkecil dalam range B2:K7. Bagaimana caranya agar rumus MAX dan MIN ini bisa bekerja dalam satu baris saja?.

Disini saya akan buat beberapa jenis Conditional Formating, yang pertama dengan sekali Rule yang kedua dengan 2 kali Rule dimana MIN dan MAX dipisahkan Formula Conditional Formatingnya agar menghasilkan warna yang berbeda.

Format Warna Nilai Mininum dan Maximum sama

Jika format cells yang dihasilkan Conditional Formating untuk nilai terkecil dan nilai terbesar ini sama, maka Formula yang ada pada Conditional Formating bisa dibuat sekali saja.

Seperti yang sudah dicoba pada formula sebelumnya rumus MIN dan MAX akan menghasilkan nilai Maximum dan Minimum dalam satu Range bukan dalam satu baris. Agar bisa menghasilkan nilai dalam satu baris, maka kita bisa menambahkan Index Baris dimana cells itu dimulai, pada kasus ini ya itu K2, karena conditional formating dimulai dari baris ke 2.

Sehingga rumusnya bisa dibuat seperti dibawah ini.

=OR(MAX($B2:$K2)=B2,MIN($B2:$K2)=B2)

Sekarang, nilai yang diwarnai adalah nilai terbesar dan terkecil yang ada pada barisnya masing masing.

Nilai Minimum dan Maxmimum Berbeda Format

Warna yang sama tentu bisa menyulitkan membedakan nilai terbesar dan terkecil. Jika Format Cells antara nilai terkecil dan terbesar ini ingin berbeda, maka Conditional Formating bisa dibuat 2 kali dengan masing formula mengunakan MAX dan MIN yang terpisah.

Formulanya hampir sama seperti diatas tinggal dipisahkan saja antara rumus MIN dan MAX nya dan operator Logia OR dihilangkan, karena sudah tidak ada pengabungan logika antara MIN dan MAX lagi.

Rumus pada warna terkecil (MIN)

=MIN($B2:$K2)=B2

Rumus pada warna tertingi (MAX)

=MAX($B2:$K2)=B2

Warna Terbesar dan Terkecil Hanya 1 Nilai

Pada kedua contoh diatas, nilai yang diwarnai adalah nilai terbesar dan terkecil yang ada pada baris yang sama, sehingga nilai yang sama akan diberi warna karena memenuhi kriteria nilai tebesar dan terkecil.

Bagaimana caranya jika nilai yang ditandai ingin satu nilai saja?

Untuk kasus seperti ini bisa dengan menambahkan rumus COUNTIF sebagai pengitung nilai tesebut. Sehingga nilai yang diwarnai adalah nilai pertama saja.

untuk rumusnya bisa dibuat seperti dibawah ini

Rumus pada nilai Terkecil (MIN)

=AND(COUNTIF(B2:$K2,B2)=1,MIN($B2:$K2)=B2)

Rumus pada Nilai Terbesar (MAX)

=AND(COUNTIF(B2:$K2,B2)=1,MAX($B2:$K2)=B2)

Itulah beberapa cara yang bisa dibuat untuk mewarnai nilai terbesar dan terkecil dalam satu baris dengan Conditional Formating di Google Sheets. Jika ada pertanyaan atau contoh kasus lain, silahkan ditanyakan di komentar.