Formula / Google Sheet · September 25, 2022 0

Cara Membuat Angka Arab di Google Sheet Dengan Formula

Salah satu perbedaan mendasar antara Aplikasi Excel Desktop dan Google sheet terdapat pada seting Locale atau Regional Bahasa yang digunakan.

Dalam format excel, kita bisa memilih locale mana saja yang akan digunakan melalui LCID (Language Code Identifier) pada Format ataupun pada rumus excel.

Sedangkan pada google sheet, locale tidak bisa diubah-ubah atau dimasukan kedalam rumus karena google sheet akan membaca bahasa pada device atau setingan bahasa pada akun yang digunakan sebagai rujukan locale yang digunakan.

Sebagai contoh jika seting yang digunakan adalah English-US kemudian ingin menggunakan Format Bahasa-ID, maka format yang dihasilkan akan tetap dalam English-US. Menggunakan LCID pada rumus tidak akan bekerja seperti yang biasa dilakukan pada rumus Excel.

Hal ini tentu menjadi kendala ketika ingin membuat Angka Arab dengan setinggan Locale yang berbeda.

Tapi tenang saja, di arrayformula.com ada solusi untuk mengatasi atau membuat angka arab pada google sheet dengan formula.

Membuat Angka Arab di Google Sheet

Walaupun di google sheet tidak bisa menggunakan locale, masih ada solusi lain yang bisa digunakan yaitu menggunakan Unicode.

Dibalik kekurangan tentu ada kelebihan yang ditawarkan oleh Google Sheet. Rumus CHAR google sheet tidak terbatas pada 1 byte seperti di Excel, dimana rumus CHAR Excel hanya bisa menggunakan 256 ASCII Code saja.

Kode CHAR yang bisa digunakan untuk membuat Angka Arab dimulai dari Unicode 1632, sehingga rumus yang bisa dibuat adalah seperti dibawah ini.

Sehingga dari sedikit pencerahan ini, kita bisa membuat formula untuk mengubah angka-angka menjadi angka arab dengan sekaligus.

Contoh Formula yang bisa dibuat bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

=TEXTJOIN("",1,ARRAYFORMULA(CHAR(SPLIT(REGEXREPLACE(C2&"","(\d)","$1,"),",")+1632)))

Cara kerja formula diatas adalah dengan memisakan semua Angka dengan REGEXREPLACE dan SPLIT kemudian mengubah angka-angka dengan bantuan CHAR dan digabungkan kembali dengan TEXTJOIN.

Lalu bagaimana jika angkanya pecahan desimal?

Mengubah Angka Pecahan Desimal Menjadi Angka Arab

Untuk mengubah Angka pecahan decimal caranya kurang lebih sama. Hanya saja prosesnya dilakukan dua kali.

Langkah Pertama untuk angka decimalnya dengan menggunakan formula INT dan langkah kedua untuk angka pecahannya dengan formula MOD.

Sehingga formulanya menjadi seperti dibawah ini.

=TEXTJOIN("",1,ARRAYFORMULA(CHAR(SPLIT(REGEXREPLACE(INT(F2)&"","(\d)","$1,"),",")+1632)))&","&
 TEXTJOIN("",1,ARRAYFORMULA(CHAR(SPLIT(REGEXREPLACE((TO_TEXT(MOD(F2,1)*100)),"(\d)","$1,"),",")+1632)))

Itulah solusi yang bisa dilakukan untuk saat ini dalam membuat angka arab dengan formula di google sheet. Mungkin nanti di masa depan akan ada update untuk locale di Google sheet sehingga lebih mudah penggunannya.