Excel · January 26, 2022 0

Excel Menambah Operator Baru Hash # di Execel 365

Excel 365 hadir dengan teknologi baru dimana pada beberapa formula sudah menerapkan Dynamic Array Formula, dimana pada Excel sebelumnya masih mengunakan Static Formula.

Static berarti hasil rumus hanya menghasilkan 1 nilai dalam 1 cell dan jika ingin menampilkan nilai lain maka rumus tersebut harus di Drag (copy) ke cells lain.

Dengan adanya Dynamic Array hasil rumus tidak lagi menghasilkan nilai dalam satu cells tetapi bisa dinamis memanjang ke bawah atau ke samping mengikuti jumlah nilai yang dihasilkan.

Di Excel 365 Microsoft memperekenalkan Operator baru yaitu operator Hash (#). Operator ini digunakan untuk menampilkan Data hasil dari Dynamic Array Formula sehingga Data yang ditampilkan bisa sama-sama dinamis.

untuk penggunaan rumusnya cukup mudah, hanya tinggal menambahkan alamat cell awal ditambah dengan #

contoh:

=A1#

Tidak hanya itu saja, operator Hash (#) ini juga bisa digunakan dalam semua formula misalnya seperti SUM atau COUNT contohnya seperti dibawah ini

=SUM(A1#)

Maka rumus diatas akan menghasilkan Nilai total dari semua rang yg dihasilkan oleh Dynamic Array Formula di A1.

Selain di formula dalam Cells, operator Hash # ini juga bisa digunakan dalam penggunaan Dropdown List atau Data validation list, sehingga pengambilan data lebih simple, apalagi bagi pengguna Dropdown list bertingkat yang sebelumnya harus mengggunakan gabungan rumus yang panjang seperti OFFSET dan COUNTA, untuk saat ini cukup dengan operator Hash (#) saja.

Jika masih kurang jelas dengan penjelasan diatas, kamu juga bisa melihat penjelasan tentang operator Hash (#) ini melalui video dibawah ini

Saya berharap semoga di Google sheet ada juga operator hash ini, karena ini akan sangat membantu dalam penggunaan Formula